Say No to Gikur and Gibur! Mahasiswa KKN Undip Desa Dororejo Adakan Pelatihan Pembuatan PMT dari Olahan Ikan

  • Aug 02, 2023
  • DOROREJO-TAYU

Dororejo, Kec. Tayu, Kab. Pati (12/07/23) – Dororejo merupakan salah satu desa di Kabupaten Pati yang terkenal akan kekayaan hasil laut dan tambaknya. Ikan merupakan sumber protein yang penting bagi tumbuh kembang anak balita. Dikenal dengan potensi produksi perikanannya yang besar, ternyata Desa Dororejo tidak lepas dari permasalahan gizi anak balita.

Menurut penuturan kader posyandu setempat, terdapat beberapa anak yang tidak memenuhi kriteria tumbuh kembang balita normal. Balita-balita tersebut mengalami gizi kurang dan gizi buruk sebagai akibat dari pola asuh dan perhatian yang kurang dari orang tua mereka. Saat ini, pihak posyandu telah memaksimalkan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) pada balita-balita yang mengalami gikur dan gibur sebagai langkah untuk membantu memaksimalkan pertumbuhan balita di Desa Dororejo.

Melihat permasalah gizi ini, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tergerak untuk mengangkat tema program kerja “Pelatihan Pembuatan PMT Nugget Ikan Nila untuk Balita pada Ibu-Ibu PKK sebagai Upaya Pencegahan Gizi Kurang dan Buruk serta Peluang UMKM dengan Memanfaatkan Potensi Lokal Desa Dororejo.”

Kegiatan ini mencakup pemberian materi mengenai Kesehatan balita dan UMKM, pelatihan pembuatan nugget ikan nila bersama ibu-ibu PKK, dan ditutup dengan kegiatan PMT melalui posyandu setempat. Kegiatan ini disambut antusias oleh ibu-ibu PKK yang mengikuti pelatihan dan balita yang datang ke posyandu.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan gizi balita dapat tercukupi dan UMKM nugget ikan nila dapat dikembangkan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan warga.

 

Editor : M. Rizal Wahyu P.

(KKN Undip Tim II 2023)